Adab dan Sunah Saat Di Dalam Masjid Yang Orang Muslim Perlu Ketahui

Sunah saat di dalam Masjid – Masjid mempunyai kedudukan agung bagi kaum muslimin di seluruh dunia karena Masjid ialah rumah Allah di bumi. Masjid menjadi tempat berkumpul dan bersatunya kaum muslimin dalam rangka menyembah Allah semata dengan melaksanakan sholat berjamaah serta kegiatan bersifat ibadah lainnya.

Di masa kini umat islam dianggap remeh oleh kaum kafir salah satu sebabnya karena kebanyakan umat islam sendiri meremehkan Masjid. Berkaca pada sejarah generasi Rasulullah Muhammad dan para sahabatnya, yang mana mereka memakmurkan Masjid, maka generasi terdahulu tersebut dimuliakan hingga kini, bahkan kaum kafir pun segan pada generasi umat islam terdahulu tersebut. Contoh bentuk umat islam meremehkan Masjid ialah seperti berikut.

  1. Banyak Masjid yang berdiri namun umat islam yang sholat berjama’ah di dalamnya hanya 1 hingga 2 shaf saja.
  2. Banyak umat islam yang tidak mau mempelajari pengetahuan tentang apa sajakah adab dan sunah saat di dalam Masjid.

Padahal para ustadz dan ustadzah tersebar dimana-mana, namun banyak umat islam yang malas atau enggan untuk datang bertanya dan belajar lebih dalam tentang ajaran islam, termasuk tentang adab dan sunah saat di dalam Masjid. Tidak dipungkiri kebanyakan umat islam masa kini terlalu sibuk dengan urusan duniawi, hingga merasa tidak punya waktu untuk mempelajari islam lebih dalam.

Adab dan Sunah Saat Di Dalam Masjid

Melihat banyak sekali umat islam yang belum mengetahui adab dan sunah saat di dalam Masjid, maka berikut ini ulasan singkatnya.

  1. Niat ikhlas pada Allah Ta’ala

    Hendaknya seseorang mendatangi Masjid dengan niat ikhlas menunaikan kewajiban seorang hamba yakni beribadah pada Allah Ta’ala, tanpa berlandaskan niat ingin dipuji atau niat-niat duniawi lainnya. Karena setiap amalan tergantung pada niatnya.

  1. Mengenakan pakaian indah yang dimiliki

    Sebagaimana firman Allah dalam Al Qur’an surah Al A’raf ayat 31 yang memerintahkan pada setiap muslim agar berpakaian indah ketika masuk ke masjid.

  1. Hindari memakan makanan berbau tak sedap

    Sebagaimana dijelaskan dalam hadist shahih Bukhari no.854 dan shahih Muslim no.1 564 bahwa Rasulullah Muhammad melarang mendekati Masjid bagi siapapun yang memakan makanan berbau tak sedap. Contoh makanan berbau tak sedap diantaranya : bawang merah, bawang putih, pete, jengkol dan rokok juga termasuk.  berikut ini hadist tentang Hindari memakan sebelum Shalat (Baca Disini)

  1. Berjalan ke Masjid tidak tergesa-gesa dan bersikap tenang

    Hendaknya saat berjalan menuju ke Masjid untuk melaksanakan sholat, janganlah tergesa-gesa dan bersikap tenanglah. Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam menyampaikan larangan berjalan tergesa-gesa ke Masjid walau sholat telah dimulai oleh imam. Sebagaimana dalam hadits shahih Bukhari no.635 dan Shahih Muslim no.437. Oleh karena itu disunahkan berangkat ke Masjid lebih awal agar tidak tergesa-gesa.

  1. Membaca doa masuk masjid dan dahulukan melangkah dengan kaki kanan.

    Berdasarkan hadits shahih Ibnu Majah no.771 dan shahih Tirmidzi no.314 doa hendak masuk Masjid yaitu “Bismillah wassalaamu ‘ala rosulillah. Allahummaghfir lii dzunuubi waftahlii abwaaba rohmatik”. Artinya : Dengan menyebut nama Allah serta salam atas Rasulullah. Ya Allah, ampunilah dosaku dan bukakan kepada ku pintu rahmat dari-Mu.

Selain lima hal di atas, masih banyak adab dan sunah saat di dalam Masjid lainnya diantaranya : Shalat Tahiyatul Masjid, adab berpakaian bagi wanita, menunggu hingga didirikannya sholat dengan dzikir, berpindah tempat apabila merasa mengantuk, wanita dan pria masuk dari pintu yang berbeda, menjaga lisan dari ucapan kotor dan membuat gaduh seperti berteriak dan obrolan sia-sia, tidak melakukan jual beli di dalam Masjid, keluar masjid membaca doa dan mendahulukan kaki kiri dan juga sholat tepat pada waktunya, untuk itu mengguanakn alat batu untuk sholat tepat waktu seperti timer adzan juga merupakan hal yang perlu di lakukan agar sholat tepat pada waktunya

Mari kembali meneladani para generasi umat islam terdahulu di masa Rasulullah Muhammad dan para sahabatnya, yang memakmurkan masjid dengan melaksanakan sholat berjama’ah setiap lima waktu dan berbagai kegiatan ibadah lainnya. Selain itu, mengetahui serta melaksanakan adab dan sunah saat di dalam Masjid.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.