Konsep Desain Interior Masjid Sederhana Tetapi Tetap Terlihat Elegan

Masjid merupakan tempat ibadah umat Islam yang dalam hal ini selalu didesain dengan mengusung gaya tertentu baik dari sisi interior maupun eksteriornya. Saat ini, banyak sekali masjid yang dibangun dengan sangat megah dengan harapan mampu menarik perhatian para jamaah untuk singgah sekaligus juga menjadikan masjid tersebut sebagai tempat untuk beribadah. Dari sekian banyak masjid yang ada, ternyata ada beberapa yang mengusung konsep desain interior masjid sederhana namun masih terkesan sangat elegan.

Desain Interior Masjid Sederhana

Mencuatnya konsep desain interior masjid sederhana ini pada hakikatnya bukan berarti pihak masjid tidak memiliki dana pembangunan yang cukup untuk membangun masjid yang luar biasa indahnya. Namun, hal ini bisa dibilang lebih cenderung berusaha untuk memaksimalkan fungsi masjid itu sendiri sebagai tempat ibadah. Memang, masjid akan dibangun dengan indah, namun dari sisi desain interior atau eksteriornya tidaklah terlalu berlebih-lebihan.

Bagaimana Konsep Desain Interior Masjid Sederhana yang Sebenarnya?

Bisa dibilang bahwa kata sederhana memiliki makna yang sangat relatif antara satu orang dengan orang lain. Dengan kata lain, kata sederhana bisa dibilang oleh pihak lain terlalu mewah dan sebaliknya. Terkait dengan konsep desain interior masjid sederhana, untuk mendapatkan kesan tersebut, akan sangat bijak jika tidak terlalu berlebihan dalam menempatkan hiasan di dalam masjid yang bisa saja akan menimbulkan kesan lebih mewah.

Padahal, di lain sisi tindakan membangun masjid ini bukan dimaksudkan sebagai media untuk saling “megah-megahan” antara satu masjid dengan masjid lainnya. Namun, bagaimana pihak pengelola masjid berlomba-lomba dalam memakmurkan masjid itu sendiri. akan tetapi, bukan berarti suatu kesalahan jika pihak pengelola masjid ingin menjadikan desain interior tersebut menjadi semakin menarik.

Di era modern ini, konsep desain interior masjid sederhana dibuat dengan memberikan sentuhan aksen kekinian yang diadopsi dari negeri timur tengah. Beberapa tulisan kaligrafi yang diukir sering kali menghiasi ruangan kosong pada dinding masjid bagian dalam untuk meningkatkan nuansa Islami yang digunakan sebagai tempat peribadatan. Tidak hanya itu saja, pengombinasian warna cat dinding yang digunakan juga bisa menciptakan kesan elegan pada sisi dalam dari masjid tersebut, untuk menentukan warna cat dinidng masjid, Anda bisa baca terlebih dahulu reversnsi berikut ini (Baca Disini).

Selain itu, masih kaitannya dengan konsep desain interior masjid sederhana, beberapa pihak pengelola masjid juga akan memberikan sentuhan yang lebih modern pada beberapa furniture yang terdapat di dalam masjid tanpa meninggalkan kesan sederhana. Sering kali untuk almari tempat mukena ataupun mimbar tempat khotib akan dibuat sedemikian rupa dengan menghadirkan ragam ukiran pada permukaan kayunya, sehingga akan menjadikan lebih indah dipandang.

Dalam mengaplikasikan konsep desain interior masjid sederhana ini, banyak pihak pengelola masjid yang memiliki pemikiran berbeda tentang makna “sederhana” kaitannya dengan interior masjid. Namun demikian, Anda tetap bisa menghias masjid untuk terkesan lebih menarik seperti menaruh jam digital masjid di dinding. Karena selain menjadi hiasan, jam digital masjid juga bermanfaat untuk menjadi pengingat waktu sholat, adzan, dan iqomah yang akurat. Praktikkan juga tips efektif menata ruang dan interior masjid yang bisa Anda temukan.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.