Keutamaan Puasa Syawal dan Tata Cara Menjalankan Puasa Syawal

Tidak terasa bulan Ramadhan telah berlalu. Meskipun bulan Ramadhan berlalu, tetapi masih banyak amalan utama yang dianjurkan untuk dilakukan pada bulan Syawal, salah satunya yaitu puasa Syawal. Keutamaan Puasa Syawal juga memiliki ganjaran yang sangat besar.

Keutamaan Puasa Syawal

Keutamaan Puasa Syawal

Puasa sunah selama enam hari di bulan Syawal sangat luar biasa keutamaannya. Keutamaan Puasa Syawal menurut Ustadz Arifin Ilham diantaranya, yaitu:

  1. Nilai puasanya menjadi sempurna, yakni seperti puasa setahun penuh.
  2. Dicintai Allah dan mendapat ampunan dosa seperti yang ditegaskan dalam Al Qur’an surah Ali Imran: 31.
  3. Akan mendapat syafaat Rasulullah karena menghidupkan sunnah beliau.

“Siapa yg menghidupkan sunnahku maka sungguh ia mencintaiku, dan siapa yang mencintaiku akan bersamaku di surga.” (HR At Tirmidzi)

  1. Puasa syawal adalah tanda meningkatnya iman dan taqwa seorang muslim.
  2. Puasa Syawal dapat menutupi kekurangan puasa Ramadhan.
  3. Puasa Syawal merupakan salah satu cara terbaik memupuk keimanan kepada Allah dan kecintaan kepada Rasulullah.

Tata Cara Puasa Syawal

Tata cara puasa Syawal sama seperti tata cara puasa pada umumnya. Namun dalam mengerjakan Puasa Syawal ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Berikut tata cara puasa syawal yang dikutip dari www.syariahislam.com, yaitu:

  1. Puasa Syawal dilakukan selama enam hari, sebagaimana yang telah disebutkan dalam Hadist.

“Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan kemudian berpuasa enam hari di bulan Syawal, maka dia seperti berpuasa setahun penuh.” (HR. Muslim : 1164)

Jadi, apabila orang yang melaksanakan puasa Ramadhan kemudian melanjutan dengan berpuasa 6 hari dibulan Syawal, maka ia akan mendapatkan pahala seperti pahalanya orang yang berpuasa setahun penuh.

  1. Lebih utama dilaksanakan sehari setelah Idul Fitri, tetapi tidak mengapa jika diakhirkan asalkan masih dibulan Syawal.

Ibnu Rajab rahimahullah mengatakan, “Mayoritas ulama berpendapat bahwa tidak dimakruhkan puasa pada hari kedua setelah hari raya (tanggal 2 Syawal). Ini sebagaimana diisyaratkan dalam hadist dari Imran bin Husain radhiallahu ‘anhu, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda kepada seseorang, “Jika kamu sudah selesai berhari raya, berpuasalah”. (H.r. Ahmad : 19852)”. (Lathaiful Ma’arif, 385).

  1. Dilakukan secara berurutan, ini lebih utama tetapi tidak mengapa jika dilakukan terpisah-pisah.

“Boleh melaksanakan puasa sunah secara berurutan atau terpisah-pisah. Namun, mengerjakannya dengan berurutan, itu lebih utama karena menunjukkan sikap bersegera dalam melaksanakan kebaikan, dan tidak menunda-nunda amal yang bisa menyebabkan tidak jadi beramal”. (Fatawa Ibnu Utsaimin, kitab Ad-Da’wah 1:52–53).

  1. Jika mempunyai hutang puasa Ramadhan, lebih utama menunaikan qadha puasa terlebih dahulu supaya mendapatkan ganjaran puasa setahun penuh.

Al-Hanafiyah berpendapat, Boleh melakukan puasa sunah sebelum qadha Ramadan karena qadha tidak wajib dikerjakan segera. Namun, kewajiban qadha sifatnya longgar. Ini merupakan salah satu pendapat Imam Ahmad.

Adapun Al-Malikiyah dan Syafi’iyah menyatakan bahwa boleh berpuasa sunah sebelum qadha, tetapi hukumnya makruh, karena hal ini menunjukkan sikap lebih menyibukkan diri dengan amalan sunah sebelum qadha, sebagai bentuk mengakhirkan kewajiban.

Ibnu Rajab rahimahullah berkata, “Siapa yang mempunyai kewajiban qadha puasa Ramadhan, hendaklah ia memulai puasa qadhanya di bulan Syawal. Hal itu lebih akan membuat kewajiban seorang muslim menjadi gugur. Bahkan puasa qadha itu lebih utama dari puasa enam hari Syawal”. (Lathaiful Ma’arif, 391).

Dengan melaksanakan ibadah sunah, termasuk keutamaan puasa Syawal maka kita telah melengkapi dan menyempurnakan ibadah kita. Ibadah wajib, tentu harus dilakukan. Begitupun dengan sunah dalam beribadah seperti sholat tepat waktu saat jam sholat tiba, walaupun bukan bernilai wajib tetapi jika dilaksanakan maka akan membuat ibadah kita lebih sempurna.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.