Langkah Mudah Mengajarkan Anak Sholat Berjamaah di Masjid Sejak Dini

Mengajarkan anak sholatSholat merupakan ibadah wajib yang harus kita lakukan dalam kondisi bagaimanapun, namun terkecuali bagi orang yang memiliki alasan syar’I. Hal ini berarti meskipun kita sedang dilanda sakit, berada dalam perjalanan jauh, hingga dalam kondisi peperangan pun kita harus tetap melaksanakan sholat.

Mengajarkan Anak Sholat

Sholat berjamaah di masjid merupakan hal yang paling utama. Kita harus bisa mengajarkan dan menanamkan kebiasaan anak agar senantiasa sholat  berjamaah di masjid tentunya. Lalu, sebagai orang tua yang taat pada agama bagaimanakah kiat-kiat mengajarkan anak agar senang melakukan sholat berjamaah?

Langkah-langkah Mengajarkan Anak Sholat Berjamaah di Masjid

                Memberikan kebiasaan baik kepada anak untuk senantiasa melaksanakan sholat berjamaah di masjid harus dilakukan sejak kecil. Kita bisa memulainya dengan menjelaskan adab-adab sholat ataupun manfaat yang bisa kita peroleh dari mengerjakan sholat. Selain itu berikut beberapa langkah yang bisa orang tua lakukan untuk mengajarkan anak sholat.

  1. Menanamkan arti pentungnya melakukan sholat berjamaah

Sholat berjamaah, terutama dimasjid merupakan salah satu kewajiban yang memiliki pahala berlipat dibandingkan sholat sendirian. Sangat penting sekali seorang anak mengetahui arti sholat. Selain untuk melaksanakan rukun Islam, sholat juga dapat menjadi penghubung bagi manusia dengan sang pencipta.

  1. Memberikan contoh atau keteladanan bagi anak

Sebagai orang tua sangat dianjurkan untuk mengajarkan anak sholat di masjid secara berjamaah. Langkah ini bisa dilakukan melalui pemberian teladan dari orang tua sendiri. Selanjutnya orang tua bisa menyuruh dan mengajak anak untuk sholat ke masjid. Misalnya ketika jam waktu sholat tiba, hendaknya orang tua segera menuju ke masjid dan anak pun bisa mencontoh orang tuanya.
Jadi jangan sampai orang tua menyuruh anaknya sholat sedangkan orang tua sendiri tidak melakukan sholat. Dengan memberikan contoh keteladanan yang baik maka akan semakin mudah untuk mengajarkan anak sholat.

  1. Memberikan nasihat-nasihat yang baik tentang keutamaan dan manfaat sholat

Peran agama tentu sangat penting bagi perkembangan akhlak seorang anak. Untuk mengajarkan anak sholat ada baiknya kita juga membekali mereka dengan nasihat-nasihat tentang sholat. Nasihat ini bisa diberikan ketika anak mulai menunda sholat bahkan saat anak lupa akan sholatnya.

Orang tua juga bisa memberikan nasihat tentang keutamaan bersegera saat jam waktu sholat tiba dan manfaat sholat berjamaah di masjid diantaranya seperti didapatnya pahala yang berlipat ganda, mengampuni dosa, serta menjadi kiat untuk kita agar senantiasa disiplin dan berakhlak mulia.

  1. Lakukan kontrol secara terusmenerus

Mengajarkan anak sholat bisa dilakukan dengan mengontrol atau memberikan pengawasan sehingga akan menambah keteladanan anak serta kebiasaannya dalam menunaikan sholat. Agar anak senang dan tidak bosan maka orang tua perlu memberikan semangat serta motivasi agar anak senantiasa mau melakukannya.

  1. Memberikan apresiasi bagi anak yang teladan

Tentunya seorang anak sangat senang apabila tindakan mereka mendapat apresiasi positif jika ia telah melaksanakan sesuatu dengan benar. Orang tua bisa melakukannya dengan memberikan pujian, bahkan memberikan hadiah kepada anak. Dengan begitu untuk waktu kedepannya seorang anak tentu akan lebih aktif dan bersemangat lagi dalam mengerjakan sholat berjamaah di masjid.

Tentunya sebagai orang tua yang baik wajib mengajarkan anak sholat sejak usia dini karena sebagaimana kita tau seorang anak soleh akan mengalirkan pahala kepada orang tuanya , lengkapnya baca artikel berikut (Baca Disini).

Dengan pengajaran dan pengenalan sholat ini tentunya ketika ia beranjak dewasa akan terbawa kebiasaan untuk senantiasa mengerjakan sholat. Hal ini dikarenakan bukan hanya sebagai tiang agama, namun sholat ialah ibadah yang pertama kali dihisab di akhirat nanti. Sehingga apabila seseorang melaksanakan sholat dengan baik, maka bisa dipastikan akhaknya pun juga baik.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.