Manajemen Waktu Dalam Islam Yang Baik dan Benar Ala Rasulullah SAW

Sebagai agama yang yang penuh dengan perdamaian dan keagungan, islam memiliki seorang panutan yang dikirim untuk menjadi suri tauladan bagi seluruh umat. Dari Rasulullah seluruh umat muslim bisa mendapatkan petunjuk dalam  berbuat apapun yang menyangkut urusan duniawi maupun akhirat seperti manajemen waktu dalam islam.

Manajemen Waktu Dalam Islam

Mengatur dan Memanajemen Waktu dalam Islam ala Rasulullah

                Sebagai agama yang mengatur kehidupan manusia, islam juga mengajarkan tentang manajemen waktu yang patut diperhatikan oleh seluruh pemeluknya. Untuk mengetahui manajemen waktu dalam islam, kita dapat melihat pola hidup Rasulullah agar selalu dalam petunjuknya.

  1. Shalat tepat waktu
    Hal paling penting yang dilakukan oleh Rasulullah adalah mengutamakan shalat lima waktu. Manajemen waktu dalam islam yang paling utama adalah dengan melaksanakan kewajiban shalat sesuai dengan waktu-waktu yang ditentukan dalam jam jadwal sholat. Kegiatan apapun wajib ditinggalkan jika waktu shalat telah tiba.
  1. Memaksimalkan waktu di pagi hari
    Manajemen waktu dalam islam selanjutnya adalah dengan memaksimalkan waktu di pagi hari. Tidak seharusnya kita bermalas-malasan di waktu pagi hari. Pagi hari merupakan waktu dimana Allah menebarkan rizki dan rahmat-Nya bagi seluruh makhluk hidup. Kita dapat melaksanakan berbagai macam aktivitas yang positif di pagi hari, seperti bekerja, berdagang, sekolah, bertani, dan aktifitas lainnya.
  1. Beristirahat di siang hari
    Memaksimalkan waktu bekerja saat matahari telah terbit tidak berarti kita harus lalai terhadap kewajiban shalat di siang hari. Makna istirahat di sini adalah agar kita berhenti sejenak dari segala macam aktivitas untuk melaksanakan ibadah shalat dhuhur di siang hari. Setelah melaksanakan shalat dhuhur, kita dapat melanjutkan pekerjaan sampai sore hari.
  1. Beribadah lebih giat di malam hari
    Allah juga menjanjikan berkah dan rahmat yang besar bagi umat muslim yang menggunakan malam hari untuk melaksanakan ibadah kepada-Nya. Setelah melaksanakan urusan duniawi di pagi hingga sore hari, maka saatnya menggunakan waktu malam hari untuk mendekatkan diri kepada Sang Pencipta.waktu dalam islam ketika malam menjelang dapat dilakukan seperti membaca Al Quran, membaca dan menambah ilmu agama, menghadiri majlis ilmu, dan ibadah lainnya.
  1. Mengawalkan waktu tidur
    Manajemen waktu dalam islam yang tak kalah penting untuk diperhatikan adalah dengan mengawalkan waktu tidur di malam hari. Hal ini bukan berarti kita harus memperbanyak waktu tidur hingga matahari terbit dan lalai terhadap kewajiban shalat. Namun, hal ini bertujuan agar kita bisa bangun lebih awal esok harinya. Dan untuk mengatur waktu tidur yang baik Anda bisa baca artikel berikut ini (baca disini)
  1. Mengawalkan waktu bangun
    Mengawalkan waktu bangun dapat dilakukan di sepertiga malam yang terakhir. Waktu ini dapat digunakan untuk mengerjakan shalat malam kepada Sang Pencipta. inilah alasan mengapa manajemen waktu dalam islam menganjurkan kita untuk mengawalkan waktu tidur, yakni agar kita dapat terbangun di sepertiga malam.

Rasulullah selalu melakukan manajemen waktu dalam islam ini secara sempurna dan istiqomah setiap harinya. Sebagai suri tauladan yang sempurna, tentunya kita juga harus meniru apa yang beliau lakukan untuk menjadi seorang muslim yang tidak hanya baik menurut mata duniawi, tetapi baik pula di jalan akhirat.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.