Penjelasan Rahasia Dibalik Waktu Sholat Berubah-Ubah

Terkadang, sebagai umat Muslim ada sebagian orang yang menanyakan tentang adanya waktu sholat berubah-ubah. Hal yang satu ini menjadi sebuah pertanyaan yang sudah sangat banyak terbesit di dalam pikiran banyak orang. Mereka bahkan menanyakan adanya sebab dari perubahan waktu sholat, yang terkadang menjadi satu pertanyaan besar di dalam pikiran.

Waktu Sholat Berubah-ubah

Sebagian dari kita mungkin menyadari adanya waktu sholat berubah-ubah. Terkadang, kita melaksanakan sholat pada jam yang terbilang tepat, seperti dzuhur pada jam 12 tepat. Akan tetapi, di waktu lain waktu sholat memiliki selisih beberapa menit dan itu menjadi satu hal yang sering kali membingungkan. Terlebih, untuk banyak orang yang berada di daerah tertentu.

Memang tak bisa kita pungkiri bahwa perubahan waktu sholat bisa terjadi secara berkala. Hal ini juga berpengaruh terhadap kapan seseorang bisa melakukan ibadah itu, sehingga sholat sendiri bisa dilaksanakan dengan tepat waktu. Hal seperti ini bahkan terkadang menjadikan beberapa orang bingung untuk menentukan kapan harus bersiap sebelum sholat.

 

Apa yang menyebabkan waktu sholat berubah-ubah?

Perubahan waktu sholat terkadang menjadikan beberapa orang merasa bingung, terlebih jika mereka ada di lokasi yang jarang atau kesulitan untuk mendengar waktu adzan. Hal seperti ini menjadi satu fenomena yang menimbulkan tanda tanya di dalam pikiran sebagian orang. Akan tetapi, dalam hal ini pasti ada yang menjadi patokan waktu sholat berubah-ubah.

Jika kita menanyakan waktu sholat berubah-ubah, maka mudahnya bisa kembali pada sejarah Nabi Muhammad SAW. Jika melihat dari sejarah dan menelitinya, pada zaman Rasul tak ditentukan waktu sholat seperti dengan jam. Ini dikarenakan pada masa itu, waktu sholat dipatok dengan tanda-tanda kebesaran Allah yang bisa kita lihat secara langsung dan mudah.

Adanya tanda-tanda kebesaran Allah untuk menentukan waktu sholat antara lain matahari, langit dan mega, serta rotasi antara bumi dan juga matahari, bulan, atau sebaliknya. Hal ini tetap memiliki inti yang sama, yaitu menetapkan arah jarum jam untuk bisa menjadi pengingat bagi kita dan memudahkan untuk melakukan ibadah sholat kepada Allah SWT.

Bila kita memerhatikan para Ulama Salafussholohin yang ada di dalam kitab-kitab mereka selalu menyusun hukum-hukum waktu sholat. Misalnya saja waktu dzuhur ditentukan melalui zawaalus syamsi atau tergelincirnya matahari dari posisi tengah langit dan keberadaan yang tampak oleh kita, bukan berdasarkan keadaan matahari yang sesungguhnya.

Hal seperti itu adalah penjelasan sederhana dari waktu sholat berubah-ubah yang sering menjadi sebuah pertanyaan bagi kita. Jadi, adanya perubahan waktu sholat disebabkan oleh tanda-tanda kebesaran Allah yang menjadi patokan untuk menentukan kapan waktu sholat itu sendiri tiba, namun selain itu fenomena alamdan waktu sholat memang selalu berhubungan , baik dari waktu subuh hingga isyak, seperti artikel berikut ini ( Baca Disini)

Setelah mengetahui penjelasan tentang waktu sholat berubah-ubah seperti di atas, Anda tak harus merasa bingung dengan apa yang menjadi penyebabnya. Keberadaan matahari dan beberapa tanda alam di tiap daerah berbeda, sehingga ini juga bisa menjadi penyebab perbedaan waktu sholat.

                Dan seiring perkembangan zaman, masalah waktu sholat yang berubah-ubah tidak lagi menjadi masalah, karena adanya teknologi jam digital sholat yang membantu kita menentukan waktu sholat, karena jam digital sholat memiliki pengaturan waktu yang otomatis dan akurat.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.