Berikut Ini Tips Agar Sholat Bisa Khusyuk dan Sholat Kita Diterima Allah.

Kegiatan sholat, pada hakikatnya merupakan komunikasi antara manusia dengan sang pencipta dan untuk mencapai komunikasi yang baik tersebut sangatlah susah, bahkan tidak semua orang bisa melakukannya. Hal yang demikian inilah sering dinamai dengan khusyuk dalam sholat. Ketika seseorang tersebut berhasil dalam mengaplikasikan tips agar sholat bisa khusyuk, maka sholat yang dikerjakan insyaaAllah akan mendapatkan pahala dan juga diterima oleh-Nya, dan sebaliknya.

Tips Agar Sholat Bisa Khusyuk

Beberapa Tips Agar Sholat Bisa Khusyuk

Untuk mencapai kekhusyukan tertentu, ada beberapa tips agar sholat bisa khusyuk yang bisa Anda aplikasikan berikut ini.

  1. Cobalah membangun kesadaran batin
    Hal pertama dalam tips agar sholat bisa khusyuk yang perlu Anda lakukan adalah dengan membangun kesadaran batin yang dilakukan di awal kali Anda melakukan sholat atau pada saat niat. Tindakan yang demikian ini tidak hanya dilakukan dengan cara memusatkan pikiran pada Yang Kuasa saja, melainkan dengan melepaskan segenap pikiran dari urusan dunia.
  1. Pastikan untuk selalu pasrah
    Setelah Anda mengucapkan niat, pastikan dalam tips agar sholat bisa khusyuk ini Anda selalu pasrah ataupun rela untuk melupakan segala urusan duniawi sehingga hal ini akan mempermudah Anda untuk bisa mengarahkan konsentrasi secara penuh kepada Allah. Pasrah juga bisa diaplikasikan dengan mengendorkan semua otot tubuh kecuali pada kaki untuk menopang berat badan dan tubuh.Dikisahkan bahwa seorang sahabat yaitu Ali bin Abi Thalib r.a. terkena tusukan panah ketika berperang. Beliau pun dibantu oleh muslim yang lain untuk mencabut panah tersebut namun selalu gagal dan Ali bin Abi Thalib semakin merasa kesakitan. Akhirnya beliau berinsiatif untuk sholat 2 rakaat dan meminta para sahabat mencabut panah tersebut ketika beliau sedang sholat. Setelah selesai sholat, beliau bertanya pada para sahabat, “Mengapa kalian belum mencabut panah nya?” padahal panah tadi sudah selesai dicabut namun Ali bin Abi Thalib r.a. tidak merasakan apapun karena kepasrahan total dalam sholatnya. MasyaaAllah.
  1. Berusaha memahami makna bacaan sholat
    Dalam tafsir fi zhilalil disebutkan bahwa dalam sholat yang khusyuk harus nyambung sehingga akan ada pertemuan antara hamba dan juga tuhannya. Dengan kata lain, dalam tips agar sholat bisa khusyuk ini bisa dikatakan bahwa “nyambung” di sini berarti Anda mengerti apa yang Anda ucapkan. Ketika mulut melafalkan bacaan sholat dalam bahasa Arab, usahakan di dalam otak mengartikan bacaan tersebut sehingga Anda memahami apa yang Anda komunikasikan dengan Allah Sang Pencipta. Untuk lebih bisa mengerti bacaan sholat sebaiknya simak terlebih dahulu pentingnya menghayati bacaan sholat berikut ini. (Baca Disini)
  1. Pastikan untuk selalu tuma’ninah
    Hal penting lain dalam tips agar sholat bisa khusyuk adalah dengan selalu mengkondisikan diri untuk tuma’ninah (tenang jiwa dan gerakan). Tindakan ini bisa dilakukan dengan melakukan gerakan sholat yang tidak terlalu cepat sehingga cenderung tergesa-gesa dan selalu memposisikan diri untuk sejenak memberi jeda di setiap melakukan gerakan. Dengan kata lain, di setiap kali Anda melakukan gerakan sholat, pastikan Anda juga selalu memiliki kesadaran penuh akan adanya tindakan interaksi dengan Allah SWT. Dalam menjalankan sholat dengan tuma’ninah awalilah dengan sholat tepat waktu, Anda juga bisa menggunakan Jam digital sholat agar bisa sholat tepat waktu.

Itulah beberapa tips agar sholat bisa khusyuk yang bisa Anda aplikasikan pada sholat sehingga Anda akan bisa melakukan komunikasi dengan Allah SWT lebih baik dan pastinya sholat yang Anda jalankan akan menjadi lebih sempurna.

Jika memang Anda tidak merasakan adanya beberapa hal di atas, maka sudah pasti sholat yang Anda jalankan tidaklah khusyuk dan bisa menjadikan sholat Anda sia-sia, kita berlindung kepada Allah dari hal itu. Oleh sebab itu, pastikan untuk selalu memposisikan diri dalam keadaan siap, rela, ikhlas dan pasrah pada saat Anda ingin menghadap dan menjalin komunikasi dengan Allah SWT. Selamat mencoba!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.