Tips Membangun Masjid Agar Terasa Nyaman Untuk Para Jamaah Sholat

Indonesia adalah negara dengan jumlah penduduk beragama Islam terbesar nomor satu di dunia. Namun, bukan berarti umat muslim bisa membangun masjid dengan mengabaikan kondisi masyarakat Indonesia yang plural. Sebab ada sebagian muslim yang tinggal di daerah minoritas tentu harus tetap adaptif dengan lingkungan. Hal ini tetap harus memperhatikan tips membangun masjid agar tempat ibadah mampu memberikan kenyamanan dan ketenangan ditengah kehidupan majemuk masyarakat Indonesia.

Tips Membangun Masjid

Agar pembangunan tempat ibadah bisa berjalan lancar, ada baiknya menerapkan tips membangun masjid berikut ini.

  1. Memperhatikan tempat dan budayaHal pertama yang wajib diperhatikan dalam membangun sebuah masjid adalah lokasi dan budaya yang berkembang. Misalnya Anda hendak membangun sebuah masjid di kawasan muslim tentu berbeda dengan membangun sebuah masjid di kawasan minoritas seperti Pulau Bali. Di Bali, ada beberapa peraturan soal pembangunan tempat ibadah seperti melarang bangunan memiliki ketinggian tertentu.Ada baiknya pembangunan masjid tetap membaur dengan budaya setempat seperti menambahkan ornamen atau bentuk arsitektur yang khas. Anda bisa menjadikan contoh masjid Kudus peninggalan Sunan Kudus yang mampu mengkombinasikan dua corak budaya menjadi satu tanpa harus kehilangan elemen penting sebuah tempat ibadah.
  1. Menyesuaikan dengan kondisi alam
    Selain menyesuaikan dengan budaya plural setempat, tips membangun masjid yakni harus memperhatikan kondisi alam di Indonesia. Ada dua musim yang ada di Indonesia yakni musim kemarau dan penghujan sehingga pembangunan masjid harus menyesuaikan dengan kondisi tersebut. Kondisi alam sangat mempengaruhi desain arsitektur dan material yang dipilih. Misalnya pembangunan masjid harus memperhatikan tingkat kemiringan agar air hujan tidak masuk ke dalam ruangan masjid dan mengganggu ibadah jamaah.Pilih material pembangunan masjid yang memiliki kualitas bagus agar bangunan masjid dapat bertahan lama. Material berkualitas juga bisa meminimalisir biaya perawatan masjid kedepannya,  untuk lebih tau tips memilih bahan material yang berkualitas simak terlebih dahulu artikel berikut ini (Baca Disini).
  1. Desain arsitektur masjid yang sesuai kaidah
    Meski tetap berpedoman pada kondisi budaya dan alam, tips membangun masjid selanjutnya adalah memprioritaskan bentuk bangunan yang sesuai dengan kaidah atau syariat Islam. Dalam hal ini, ada beberapa hal penting yang wajib diperhatikan yakni mencakup peletakkan pintu yang tepat tanpa menjadi pembatas antara makmum dan imam, desain tempat wudlu yang tetap harus memperhatikan kemiringan antara saluran dan permukaan lantai, desain kiblat yang benar-benar harus teliti serta desain pengeras suara. Jangan sampai pengeras suara yang dibangun sejajar dengan rumah-rumah di sekelilingnya sehingga menyebabkan ketidaknyamanan tertentu, tambahkan juga interior sebagai fasilitas bagi jamaah, seperti jam digital masjid sebagai penanda waktu adzan.

3 hal di atas wajib diperhatikan sebelum membangun sebuah masjid. Tips membangun masjid bisa diaplikasikan demi kelancaran pembangunan tempat ibadah yang nyaman. Tak hanya sebagai tempat beribadah, masjid juga bisa menjadi identitas umat muslim yang sesungguhnya. Tak ada salahnya melibatkan orang-orang yang ahli dalam hal desain pembangunan sesuai syariat agar hasil pembangunan masjid bisa maksimal dan sesuai rencana

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.