Tips Sederhana Menata Interior Masjid yang Nyaman Sesuai Syariat Islam

Masjid adalah tempat ibadah umat Islam yang harus mengutamakan kenyamanan beribadah bukan hanya sekedar menampilkan unsur mewah. Suatu hal yang berlebihan tentu tidak disarankan dalam hal tata ruang dan interior masjid. Tak masalah menempatkan ornamen yang menambahkan unsur keindahan asal tidak menampilkan unsur glamour semata.

Interior Masjid

Agar terhindar dari hal tersebut, ada baiknya mengaplikasikan tips menata interior masjid yang tetap berpegang teguh poin desain sesuai syariat berikut ini.

  1. Menentukan arah kiblat yang akurat
    Saat hendak menata ruang dan interior masjid, pastikan dulu bahwa arah kiblat telah benar. Arah kiblat sangat penting peranannya dalam menentukan arah shalat yang benar serta mempengaruhi zonasi. Zonasi perlu diatur dengan baik agar bisa menentukan pengelompokan ruangan seperti tempat shalat, non shalat, zona suci dan sebagainya. Selain itu, zonasi juga sangat penting jika masjid digunakan tak hanya untuk shalat seperti memiliki perpustakaan, tempat berdiskusi atau kegiatan remaja masjid yang lain.
  1. Tempat shalat antara pria dan wanita harus dilengkapi dengan pembatas yang telah diatur dalam tuntunan Al-qur’an
    Dalam Menata interior masjid penempatan pembatas untuk jamaah pria dan wanita sangat lah penting karena sebagaimana yang di jelaskan dalam alquran, untuk jamaah pria dan wanita haruslah diberi tempat yang berbeda dan diberikan pembatas, Untuk lebih jelasnya silahkan baca aetikel berikut ini (Baca Disini).
  2. Memahami prinsip thaharah dengan baik
    Pembangunan tempat berwudlu juga harus memperhatikan tips menata interior masjid. Selain desain yang harus sesuai dengan kaidah kebersihan seperti membuat permukaan lantai lebih tinggi daripada saluran air, perlu pula dibuat tempat wudlu yang memperhatikan pola sirkulasi. Pola sirkulasi yang dimaksud adalah tempat wudlu antara pria dan wanita yang terpisah.
    Tips menata interior masjid juga tetap harus memperhatikan antara jalur suci dan tidak di tempat wudlu ini. Hal ini bermanfaat sekali bagi orang yang tidak mengetahui batas suci suatu wilayah. Setidaknya pembangunan dan penataan interior yang pas akan membuat orang melepas sandal atau sepatu saat memasuki zona suci.
  1. Membangun kamar mandi yang tepat
    Pembangunan dan penataan kamar mandi juga harus tetap memperhatikan kaidah syariat. Dilarang membangun closet menghadap kiblat sehingga desain kamar mandi harus dipertimbangkan secara matang.
  1. Memilih ornamen pendukung yang tepat
    Tips menata interior masjid yang bisa dilakukan adalah memberikan unsur pendukung yang tidak berlebihan seperti penempatan karpet masjid, kaligrafi, rak kitab, rak mukena Atau untuk menambah kesan moderen pada masjid bisa ditambahkan jam digital masjid running text. Sebaiknya pilih desain interior yang tidak berlebihan misalnya umat ingin membangun masjid model kubah, minaret dan lain-lain. Pastikan saja sirkulasi udara dan pencahayaan alami tersalurkan dengan baik.

Dengan memperhatikan tips menata interior masjid yang berlandaskan kaidah tersebut akan mendukung suasana masjid yang nyaman untuk beribadah. Membangun masjid dengan desain yang indah dan canggih memang diperbolehkan asal tidak berlebihan sehingga mengutamakan pembangunan yang megah semata. Kembalikan desain interior masjid yang bisa membuat para jamaah merasa nyaman dan khusyu agar masjid tidak kehilangan unsur fungsional sebagai tempat ibadah umat Islam.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.